6 aplikasi Tidur Terbaik di Android dan Ios

6 aplikasi Tidur Terbaik di Android dan Ios – Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang walaupun memiliki waktu yang cukup akan menyebabkan penderita sulit tidur atau kurang tidur. Gangguan ini menyebabkan kondisi pasien menjadi buruk dan tidak dapat melakukan aktivitas keesokan harinya.

6 aplikasi Tidur Terbaik di Android dan Ios

Sumber : review1st.com

psdeluxe – Kualitas dan kuantitas tidur mempengaruhi kualitas hidup dan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Kurang tidur dapat menyebabkan masalah fisik dan mental. Umumnya, Anda perlu tidur 8 jam sehari agar tetap sehat.

Ada dua jenis insomnia, yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer adalah insomnia yang tidak ada hubungannya dengan penyakit lain. Sedangkan insomnia sekunder adalah insomnia yang disebabkan oleh masalah kesehatan lain, seperti arthritis, asma, depresi, kanker atau acid reflux (GERD). Insomnia sekunder juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan atau alkohol.
Gejala insomnia

Insomnia ditandai dengan sulitnya tidur atau kurang tidur. Akibatnya, penderita insomnia menjadi mudah tersinggung dan depresi. Gejala tersebut dapat memicu gejala lain, seperti:

Kantuk di siang hari.
Mudah lelah saat bepergian.
Sulit untuk fokus pada aktivitas.

Kesulitan tidur menurunkan konsentrasi penderita insomnia, sehingga berisiko mengalami kecelakaan. Insomnia juga dapat menurunkan daya ingat dan libido, serta menyebabkan penyakit fisik dan mental.
Penyebab dan faktor risiko insomnia

Siapapun bisa mengalami insomnia, tetapi insomnia merupakan ancaman yang lebih besar bagi orang tua dan orang dengan masalah kesehatan. Biasanya, insomnia disebabkan oleh beberapa alasan berikut:

Menekankan
depresi
Gaya hidup tidak sehat
Efek obat-obatan tertentu.

Pengobatan insomnia

Ada mitos bahwa insomnia adalah penyakit yang ringan dan tidak memerlukan pengobatan. Faktanya, beberapa penderita insomnia parah dan membutuhkan perhatian medis.

Insomnia dapat diatasi dengan beberapa metode, seperti pengobatan, suplemen melatonin, terapi perilaku kognitif atau kombinasi dari ketiga metode tersebut. Perawatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. Jika diperlukan, dokter akan memberikan obat tidur kepada pasien selama beberapa minggu.

Insomnia dapat dicegah dengan:

Hindari makan terlalu banyak sebelum tidur.
Hindari atau batasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein.
Usahakan tetap aktif sepanjang hari untuk menghindari mual.

Namun Kini ada Aplikasi tidur dapat membantu Anda lebih mudah tertidur.

Apalagi di periode ini, saat tubuh Anda lebih rentan terhadap stres dan penyakit, Anda perlu tidur yang cukup.

Pasalnya, tidur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Nah, aplikasi tidur ini tidak hanya bisa membantu Anda tertidur, tapi juga membuat tidur Anda lebih nyenyak dari biasanya.

Aplikasi mana yang dapat membuat Anda tidur nyenyak dan meningkatkan kualitas? ini dia 6 aplikasi Tidur Terbaik di Android dan Ios

Baca Juga : 3 Aplikasi Informasi Kesehatan Android Terbaik untuk Hidup Lebih Sehat

1. Noisli

Sumber : medium.com

Kebisingan putih dapat mempermudah seseorang untuk tertidur.

Di aplikasi tidur Noisli, Anda dapat memutar suara seperti white noise, angin, petir, atau suara kerumunan untuk menemani Anda tidur.

Fitur ini dapat digunakan secara gratis di situs web mereka.

Namun, pengguna iOS atau Android harus membayar kurang lebih Rp30.000 untuk aplikasinya.

2. Headspace

Sumber : headspace.com

Headspace adalah aplikasi tidur, Anda juga dapat menggunakannya untuk meditasi kapan pun, di mana pun.

Fitur gratis yang dapat Anda gunakan termasuk 10 sesi dasar, tiga sesi “headspace harian”, “kembali tidur ke normal” dan “siaran tidur”.

“Acara radio” adalah cerita audio yang berdurasi 45 sampai 50 menit untuk membantu Anda tertidur.

Fitur ini dapat mendorong Anda untuk memvisualisasikan situasi yang tenang dan membuat tidur lebih mudah.

Untuk versi berbayar (sekitar Rp1.460.000), Anda akan mendapatkan 40 kursus meditasi untuk menghilangkan stres dan tidur, serta berbagai macam “dream cast”.

3. Slumber

Sumber : Slumber

Tidur adalah aplikasi yang dapat membantu Anda tertidur dan mendapatkan kualitas tidur.

Beberapa fungsi utamanya adalah instruksi meditasi, cerita atau cerita pengantar tidur, dan suara yang menenangkan.

Jika Anda mendengarkan cerita pengantar tidur, Anda dapat memutar musik latar seperti hujan dan angin.

Untuk mendapatkan akses penuh, pengguna iOS bisa mendapatkan aplikasi Slumber dengan harga kurang lebih Rp 600.000 per tahun.

4. Calm

Sumber : glints.com

Calm adalah aplikasi yang tersedia di iOS dan Android yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur Anda.

Di aplikasi “Calm”, Anda dapat menggunakan berbagai fungsi secara gratis, seperti sesi meditasi, musik dan soundscapes yang menenangkan, serta membaca cerita dengan suara yang menenangkan.

Meditasi dalam aplikasi ini dirancang untuk memudahkan Anda tertidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Untuk mendapatkan semua fitur lengkap, Anda harus membayar biaya berlangganan sekitar Rs 1 lakh per tahun.

Dengan harga ini, Anda bisa mendapatkan fitur lain seperti dongeng sebelum tidur, waktu meditasi, dan kategori seperti penghilang stres dan ASMR.

Baca Juga : 4 Aplikasi Meditasi Terbaik di Android dan Ios

5. Pzizz

Sumber : Pzizz

Meskipun Anda menderita insomnia, aplikasi tidur Pzizz dapat membantu Anda tertidur.

Pasalnya Pzizz menggunakan psychoacoustics yang bisa digunakan untuk mengatasi insomnia dengan efek psikologis yang baik.

Dengan bantuan fitur musik yang disebut “focuscapes”, Anda dapat memilih suara atau lagu untuk bermalam, tidur siang, atau bahkan fokus pada pekerjaan.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan offline, tetapi versi berbayar memiliki lebih dari 100 miliar suara untuk digunakan dan membantu Anda tertidur. Sangat bermanfaat bukan, langsung dapatkan di Google Play

6. Sleepio

Sumber : sleepscore.com

Sleepio adalah program perbaikan tidur digital yang menggunakan teknologi terapi perilaku kognitif (CBT) yang dikembangkan oleh ilmuwan tidur Colin Espie dan mantan penderita insomnia Peter Hames.

Sleepio diuji dalam uji klinis plasebo acak pada tahun 2012. Dalam tinjauan studi yang diterbitkan dalam The Lancet, Sleepio digambarkan sebagai “intervensi gangguan tidur Internet yang terbukti.” Nature menggambarkan Sleepio sebagai “seefektif CBT yang disampaikan secara langsung.”

Sleepio adalah program pertama Big Health, sebuah perusahaan pengobatan perilaku yang didirikan bersama oleh Profesor Colin Espie dan Profesor Peter Hames.

Pada Maret 2013, Sleepio adalah salah satu aplikasi peluncuran di Perpustakaan Aplikasi Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS).

Sleepio adalah salah satu dari sepuluh mitra di seluruh dunia yang meluncurkan platform pelacakan independent UP Jawbone pada April 2013, amat mungkin impor information tidur yang dikumpulkan oleh pelacak aktivitas UP ke didalam Sleepio. Dukungan terintegrasi termasuk ada untuk pengguna band BodyMedia FIT.

Sleepio ada gratis melalui NHS untuk orang-orang berusia di atas 18 th. yang tinggal di wilayah Inggris di Oxfordshire, Berkshire, dan Buckinghamshire.

Bagaimana itu bekerja

Program Sleepio disampaikan melalui web site dan melalui perangkat seluler. Seorang pakar tidur virtual, Prof, memandu pengguna melalui enam sesi mingguan interaktif.

Hasil kelompok terapi prilaku kognitif menyatakan Sleepio punyai efektivitas yang seimbang bersama CBT tatap muka.

Sebuah belajar th. 2020 yang melibatkan lebih dari 7.000 pasien NHS menemukan bahwa penyembuhan Sleepio enam minggu lebih efisien daripada terapi langsung, bersama tingkat keberhasilan 56% dibandingkan bersama 50%, dan peningkatan nyaris enam jam tidur per minggu.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap