4 Aplikasi Edit Foto PC & Komputer Terbaik

4 Aplikasi Edit Foto PC & Komputer Terbaik

February 9, 2021 Off By deluxp

4 Aplikasi Edit Foto PC & Komputer Terbaik – Halo fotografer, jangan bingung memilih editor foto PC. Di bawah ini adalah daftar aplikasi edit foto PC / laptop dan komputer terbaik tahun 2021 yang disarankan. Anda bisa mendownloadnya langsung secara gratis (gratis).

4 Aplikasi Edit Foto PC & Komputer Terbaik

Sumber : blogpress.id

psdeluxe – Dunia fotografi berkembang setiap tahun. Perkembangan fotografi saat ini tidak hanya bergantung pada kemampuan andalan fotografer dalam mengambil gambar.

Ini juga memiliki fungsi pengeditan. Sekarang, seorang fotografer pun membutuhkan bantuan aplikasi edit foto PC untuk membuat fotonya lebih indah dari foto aslinya.

Setelah diedit, foto mungkin lebih memukau daripada hasil aslinya.

Aplikasi atau software editing ini tidak hanya untuk fotografer profesional. Siapapun bisa memanfaatkannya sebagai media untuk mempercantik foto.

Banyak orang jatuh cinta dan penasaran dengan pengeditan karena ini proses yang sangat menarik. Jika Anda tertarik untuk mengedit foto? Coba 4 Aplikasi Edit Foto PC & Komputer Terbaik berikut ini:

Baca Juga : 4 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik 2021

1. PaintShop Pro

Sumber : paintshoppro.com

Paint Shop Pro adalah sebuah aplikasi yang dapat di gunakan untuk keperluan foto editing. Paint Shop Pro merupakan software foto-editing dasar yang terlalu mungkin editor untuk mengubah foto dengan mudah. Pada Paint Shop Pro dapat dilaksanakan tehnik foto cropping, menyesuaikan brightness – contras, menghapus latar belakang berasal dari sebuah foto dan lain sebagainya.
Paint Shop Pro (PSP) merupakan editor raster dan vektor grafis untuk Microsoft Windows. Pada awalannya diterbitkan oleh Jasc Software. Pada bulan Oktober 2004, Corel dibeli Jasc Software dan hak distribusi untuk Paint Shop Pro.
Pro Paint Shop kurang lebih sama dengan salah satu software editing foto kondang yaitu Photoshop. Bahkan menu bar dan tool bar terhadap Paint Shop Pro termasuk tidak tidak sama jauh dengan tools dan menu bar yang terdapat terhadap Photoshop.
Menu bar terhadap Paint Shop Pro bermanfaat untuk menyesuaikan adjustment, effect, layer dan sebagainya yang terkait dengan objek yang bakal di edit atau layout. Berikut adalah menubar yang terdapat terhadap Paint Shop Pro:

– File
– Edit
– View
– Image
– Adjust
– Effect
– Layer
– Object
– Selection
– Windows
– Help

Toolbar dapat digunakan sebagai “alat” dan dapat digunakan sesuai dengan keunggulan masing-masing alat. Misalnya, alat penghapus latar belakang dapat digunakan untuk menghapus latar belakang foto, dan dapat diubah bersama dengan latar belakang foto lainnya.

Berikut adalah bilah alat yang ditemukan di Paint Shop Pro:

– Pan plus Zoom Tool
– Pick plus Move Tool
– Selection Tool
– Dropper Tool
– Crop Tool
– Straighten And Perspective Correction Tools
– Red Eye Removal Tool
– Makeover Tool
– Clone, Scratch Remover & Object Remover Tools
– The Paint Brush And Airbrush Tools
– Lighten/Darken Tools
– Eraser Tool
– Background Eraser Tool
– Flood Fill Tool & Colour Changer Tools
– Picture Tube Tool
– Text Tool
– Preset Shape Tools
– Pen Tool
– Warp Tools
– Art Media Brush Tools

2. Adobe Lightroom

Sumber : dpreview.com

Lightroom adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe yang dapat digunakan untuk pengatur gambar dan pemrosesan gambar. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengimpor dan mengekspor, menyimpan, melihat, mengatur, menandai, dan mengedit foto yang telah Anda ambil.

Lightroom identik dengan pengeditan warna dan teknologi pencahayaan. Inilah yang membedakannya dari aplikasi pengeditan foto Adobe lainnya, yaitu Adobe Photoshop. Dengan Photoshop, Anda bisa memanipulasi gambar hingga ke bagian komposisi, tetapi Lightroom hanya berfokus pada warna dan pencahayaan.

Aplikasi Lightroom tersedia untuk PC dan juga Mobile.

Setelah Anda mengetahui apa itu Lightroom, saatnya Anda mengetahui berbagai kelebihannya.
Kelebihan Adobe Lightroom

Ada berbagai kelebihan berasal dari Lightroom yang bisa menunjang Anda di dalam sistem editing foto, lebih dari satu kelebihannya adalah:

Support Format File RAW

Mengambil gambar di dalam format RAW amat dianjurkan bagi para fotografer profesional. Foto di dalam format RAW dapat menangkap semua information gambar yang direkam oleh sensor kamera, berlainan bersama dengan format JPEG yang dapat mengkompresi datanya. Tapi, amat jarang aplikasi editing foto khususnya pada smartphone yang menunjang format file ini.

Lightroom telah memberikan perlindungan format RAW lainnya sejak Juli 2016. Kami dapat mengimpor dan mengedit foto dalam format RAW melalui smartphone. Anda tidak perlu lagi repot mengedit foto berformat RAW lewat PC.

Sinkronisasi Cloud

Fleksibilitas yang dimiliki oleh Adobe bersama dengan sinkronisasi cloud ini dapat amat menunjang Anda.

Anda bisa mengawali editing pada smartphone dan selesaikan nya di PC. Anda bisa mengedit kapanpun dan dimanapun.

Editing Tool yang Komplit

Lightroom memiliki berbagai macam tool yang bisa digunakan untuk editing foto, terasa berasal dari mengatur kontras, highlight, vibrance, hingga saturasi. Anda terhitung bisa memberi tambahan berbagai tekstur yang membawa dampak foto Anda semakin menarik.

Menyimpan Preset

Setelah Anda selesaikan sistem editing foto, Anda bisa menyimpan tiap-tiap langkah yang Anda melakukan di dalam bentuk preset yang dapat bisa diterapkan di foto – foto lainnya. Sehingga Anda tidak harus ulang mengulangi sistem editing secara manual. Anda terhitung bisa mendownload preset yang telah dibikin orang lain dan menerapkannya ke foto Anda. File preset ini dapat bersifat .DNG dan bisa Anda masukan ke di dalam aplikasi lightroom Anda.

Web Sharing

Fitur ini dapat memudahkan Anda untuk share foto bersama dengan orang banyak. Anda hanya lumayan membawa dampak album baru pada menu share option. Setiap pergantian yang Anda melakukan dapat langsung disinkronkan. Anda hanya harus membayar sejumlah Rp.67 ribu perbulan untuk bisa menikmati fitur premium ini.
Kesimpulan

Lightroom adalah aplikasi editing foto yang amat cocok untuk digunakan bagi Anda yang hobi bersama dengan fotografi ataupun Anda yang merupakan seorang fotografer profesional. Berbagai fitur dan tool yang dimiliki bisa menunjang Anda untuk mengedit foto – foto Anda.

3. PhotoScape

Sumber : budgetphoto101.com

PhotoScape adalah perangkat lunak editor gambar yang dikembangkan oleh MOOII Tech Korea Selatan. Konsep dasar PhotoScape adalah “mudah dan menyenangkan”, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengedit foto yang disita dari kamera ponsel atau kamera digital .

PhotoScape memiliki antarmuka pada pengguna yang sederhana saat melakukan penambahan foto umum dan juga penyesuaian warna, pemotongan, pengubahan ukuran, pencetakan, dan rendering animasi GIF. Photoscape hanya tersedia untuk Microsoft Windows, bukan untuk Mac atau Linux. Bahasa default adalah bahasa Inggris dan Korea, serta paket bahasa lain yang tersedia untuk diunduh.

 

Versi rilis stabil kala ini adalah 3.7. Namun, versi lama tetap ada untuk pengguna Windows 98 atau Me. Photoscape ini didistribusikan secara gratis untuk semua pengguna, terhitung untuk tujuan komersial.

Apabila berbicara perihal foto editing, umumnya orang kemungkinan akan segera terbayang Photoshop. Aplikasi besutan Adobe ini sebenarnya udah jadi tools yang amat terkenal di kalangan fotografer ataupun desainer sebab menawarkan berbagai macam fitur. Namun, banyaknya fitur ini terhitung membawa dampak: harga yang amat mahal dan aplikasi jadi berat terhadap kala dijalankan sebab perlu banyak resource (memory dan processor). Selain itu, berbagai macam fitur tersebut seringkali mubadzir sebab tidak banyak dipakai.

Software lain yang dapat digunakan untuk mengedit foto adalah Photoscape. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena aplikasi ini merupakan perangkat lunak gratis. Tapi tolong jangan salah sangka, walaupun gratis, Photoscape tetap merupakan aplikasi handal yang bisa mengatasi fitur-fitur yang digunakan untuk mengedit foto. Ingin tahu seperti apa fungsi-fungsi tersebut? Mari kita bahas bersama

Kelebihan Photoscape:

Lisensinya freeware, jadi gratis dan mampu digunakan oleh siapa saja
Sudah terkandung fitur terhitung Photoviewer
Terdapat screen capture untuk printscreen yang lebih mudah
Terdapat Face Finder untk melacak wajah yang mirip di internet
Lebih ringan digunakan untuk mengedit foto bagi pemula

Kelemahan Photoscape:

Kemampuannya terbatas, tidak punyai fitur lengkap layaknya kedua aplikasi pengolah gambar yang disebutkan sebab merupakan produk freeware
Lebih diutamakan untuk mengedit foto daripda gambar
Tidak mampu dipakai terhadap linux dan mac, cuma mampu dipakai terhadap windows

Baca Juga : 4 Aplikasi Membuat Foto Yang Instagramable

4. Adobe Photoshop

Sumber : entrepreneur.com

Adobe Photoshop atau yang biasa dikenal dengan Photoshop adalah software image editor yang diproduksi oleh Adobe Systems, khusus digunakan untuk mengedit foto atau gambar dan membuat efek. Phostoshop memiliki banyak digunakan oleh fotografer digital. Dan dianggap sebagai pemimpin pasar dalam perangkat lunak pengolah gambar atau foto, dan bersama dengan Adobe Acrobat, Photoshop dianggap sebagai produk pemrosesan terbaik dari Adobe Systems.

Photoshop CS (Creative Suite) adalah versi kedelapan dari Adobe Photoshop, Adobe Photoshop CS2 adalah versi kesembilan, Adobe Photoshop CS3 adalah versi kesepuluh, Adobe Photoshop CS4 adalah versi kesebelas, dan versi kedua belas adalah Adobe Photoshop CS5, versi ketiga ) adalah Adobe Photoshop CS6, dan versi terakhir adalah Adobe Photoshop CS7 (versi ke-14) dan yang lebih tinggi.

 

Photoshop adalah aplikasi perangkat lunak untuk editor foto atau gambar yang dikeluarkan oleh sistem adobe, khusus untuk mengedit foto atau gambar dan membuat efek atau biasa disebut layer style. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan periklanan. Selain fungsi yang mudah dipahami, Photoshop juga memiliki sejumlah fungsi luar biasa yang dapat berfungsi paling baik, dan juga dapat mendukung banyak file, jadi bagi desainer grafis, ini adalah salah satu persyaratan yang harus dimiliki untuk memasuki dunia. Desain grafis, Karena Photoshop dengan semua fiturnya terlalu cocok untuk desainer grafis. Photoshop adalah perangkat lunak yang didedikasikan untuk mengedit gambar dalam format BITMAP. Foto adalah salah satu gambar yang berformat BITMAP, sehingga Photoshop banyak digunakan oleh para fotografer.

 

Dibandingkan dengan software sejenis, Photoshop saat ini merupakan software terbaik. Dapat dibilang bahwa itu hampir tak tertandingi. Format filenya dapat digunakan untuk menulis dan membaca gambar dalam format vektor dan raster , seperti .png, .gif, .jpeg, dll. Photoshop juga memiliki berbagai format file yang khas: PSB adalah PSD versi terbaru, yang dirancang untuk file yang lebih besar dari 2GB. PSD (dokumen Photoshop) adalah format untuk menyimpan gambar dalam layer, termasuk teks, blending mode, mask, opacity, clipping path, color channel, alpha channel dan pengaturan duotone. PDD adalah versi lain yang diturunkan dari PSD, yang hanya dapat membantu fungsi perangkat lunak PhotshopDeluxe.

 

Alat di Photoshop adalah alat yang dapat membantu pengguna mengedit. Adobe Photoshop CS3 memiliki sekitar 59 alat untuk digunakan pengguna. Alat-alat ini mencakup berbagai alat dengan kegunaan tertentu. Beberapa alat yang termasuk dalam Photoshop antara lain: alat pindahkan, alat anotasi audio, alat sikat riwayat, alat penghapus, alat pemilihan jalur, alat pena, alat bentuk, alat sikat, alat pipet, alat seleksi langsung, alat ukur, alat teks, alat tangan, Alat rotasi objek 3D, alat kamera rotasi 3D

Fitur Adobe Photoshop

 

Padahal, kegunaan utamanya adalah dari Adobe Photoshop yang hanya digunakan untuk aplikasi photo atau editing gambar dengan model raster atau bitmap. Namun sebagai aplikasi editing gambar, Photoshop dapat dijelaskan secara lebih spesifik, yaitu mempercantik gambar, memanipulasi gambar, dan melakukan desain gambar. Fungsi mempercantik gambar Photoshop dan langkah-langkah penyempurnaan atau objek dilakukan agar gambar terlihat lebih menarik dan indah. Hitung fungsi Photoshop untuk mengolah gambar, yaitu menggunakannya dengan langkah-langkah mengubah tampilan atau menggabungkan gambar yang berbeda agar gambar terlihat seperti gambar aslinya dan biasanya menipu mata yang melihatnya. Gunakan photoshop untuk membuat desain gambar dan langkah-langkah membuat objek baru seperti logo, brosur, banner dan poster.

 

Adapun kegunaan teknis dari Adobe Photoshop:

Gabungkan 2 gambar atau lebih menjadi gambar baru.

Hapus atau hapus objek pada gambar.

Memberi atau mengubah warna Ubah ukuran gambar menjadi lebih besar atau lebih kecil

Mempertajam warna dan kualitas gambar Bersihkan atau percantik gambar Buramkan gambar agar tampak buram Tingkatkan intensitas cahaya gambar agar tampak lebih cerah.

Pangkas gambar

 

Aplikasi Photoshop berisi lebih dari satu bagian mutlak, dan bagian mutlak ini memiliki fungsinya masing-masing. Bagian-bagian ini, seperti alat, menu, kotak alat, lapisan, dll.

Ada lebih dari satu bagian Photoshop mutlak dan perannya di sini: Layer: Sebagai area kanvas gambar desain. Di Photoshop, kita bisa menggunakan banyak lapisan.

Keuntungan menggunakan banyak lapisan adalah bahwa setiap desain di satu lapisan tidak mengganggu desain di lapisan lain. Selain itu, semua desain yang ada pada layer dapat digabungkan menjadi satu gambar.

Alat: Alat untuk mendesain atau mengedit gambar. Menu: Area utama tempat semua alat Photoshop berada. Menu inti di Photoshop: “File”, “Layer”, “Edit”, “Image”, “Window”, “Select”, “3D”, “Filter”, “Analysis”, “View” dan “Help” ” . Kotak Alat: Untuk area tertentu, alat absolut dapat digunakan agar lebih mudah diamati dan digunakan.

 

Memiliki Kelebihan dan Kekurangan Adobe Photoshop

Kelebihan Adobe Photoshop :

Gambar yang dihasilkan lebih memuaskan.

Mudah dioperasikan.

Banyak fitur unggulan.

Dapat digunakan untuk membuat tulisan dengan efek yang diinginkan.

Bagi yang ingin membuat karya Anda tampil beda dan luar biasa, Photoshop adalah jawabannya.

Dapat digunakan untuk desain atau editing gambar.

Dapat menyebabkan beragam bahan.

Ini dapat digunakan untuk memproses berbagai bahan jaringan serat.

Bagi yang sudah punya website dan ingin mengupload foto tapi ukuran fotonya terlalu besar tidak perlu khawatir, karena bisa mengandalkan Photoshop untuk melakukan pekerjaan ini.

Keluarga di antara kita.
Fungsi editing lebih lengkap dari fungsi lainnya.

Dapat digunakan untuk proyek foto. Di Photoshop, Anda dapat dengan bebas mengekspresikan foto asli yang Anda miliki, dan Anda dapat mengubahnya menjadi foto yang lebih keren dan menarik.

Sekalipun efeknya terlalu banyak, efeknya bisa ditingkatkan.

Penyimpanan bisa menggunakan berbagai format. Format penyimpanan di Photoshop tidak hanya PSD, tetapi juga JPEG, PNG, dll. Photoshop lebih cepat.

Kekurangan Adobe Photoshop :

Saat menggunakan Photoshop, jumlah lapisan yang digunakan membingungkan orang.

Saat membuat majalah dan brosur, Photoshop kurang bagus karena kurang sempurna saat membuat paragraf.

Ukuran yang dibutuhkan terlalu besar.

Oleh karena itu, jika kita menggunakan terlalu banyak layer, ukuran di Photoshop akan menjadi besar.

Saat mencetak hasil photoshop, kertas yang digunakan relatif sulit.